15 September 2009

Pembekalan PPL Semester VII IAID Ciamis Tahun Akademik 2009/2010

Acara ini dimulai pukul 09.00 di Pangkalan MTsN Pangandaran (Hari Ahad, 13 September 2009) adapun susunan acaranya :
1. Pembukaan (Pembacaan Basmalah bersama-sama, di pandu oleh protokol)
2. Laporan Penanggung Jawab Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), oleh Bapak Drs. Hasanuddin, M.Pd.I (Dosen Mata Kuliah Ilmu Tasawuf ketika aku di semester VI)
3. Serah terima Praktikan Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis
a. Amanat dan Penyerahan Praktikan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah IAID Ciamis (Bapak Drs. H. Wahyudin, M.pd). Praktikan Kelas Pangandaran kurang lebih 70 orang, semua prakteknya ditempatkan di MTsN Pangandaran, terdiri dari 10 kelompok= rata-rata 7 orang/kelompok.
b. Penerimaan Praktikan oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Pangandaran, sekaligus sebagai salah satu pengurus IAID kelas Pangandaran (Bapak Drs. Yamin)
4. Do’a/Tutup (oleh salah seorang guru MTsN Pangandaran)


Dilanjutkan Pengumuman-pengumuman (yang isinya bahwa seluruh praktikan diharap hadir lagi di MTsN Pangandaran Hari Rabu, 30 September 2009).
Terakhir, Penentuan materi pelajaran yang akan dijadikan praktek mengajar (oleh Dosen Luar Biasa (DBL) dengan Praktikan)
Adapun anggota yang termasuk ke anggota aku (kelompok 7):
1. Gustiani (06.03.1498)
2. Hendar Kusmianto (06.03.1499)
3. Iyan Supriyanto (06.03.1500)
4. Juju Kurniati (06.03.1501)
5. Tika Lestari (06.03.1505)
6. Yayat Hidayat (06.03.1506)
7. Yulis Nurlaela (06.03.1507)
8. Ai Yuningsih (06.03.1991)
9. Atikah (06.03.1992)
10. Dadan Ramdani (06.03.1993)
11. Dedeh Kurniasih (06.03.1994)
Kelompok 7 ini DBL-nya yaitu Ibu N. Dodoh RL., S.Pd.I (tempat tinggalnya di Cijalu Parigi, tidak terlalu jauh dari rumahku), pelajaran yang ditawarkan adalah Fiqih dan Qur’an Hadits.
Tapi apa yang terjadi, Aku dan sebagian teman kelompokku dipanggil ke depan. Ternyata kelompok ini di pecah karena terlalu banyak, mengingat harus 7 orang/kelompok, sehingga aku masuk ke kelompok IX memegang pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk kelas IX atau kelas III MTsN Pangandaran. Apa boleh buat aku tak bisa berbuat apa-apa. Akhirnya DBL-nya pun diganti oleh Bapak Suwardi (tempat tinggalnya di Babakan Pangandaran, dekat Masjid Al-Hidayah, jauh dari rumahku). Bagiku tak menjadi masalah, moga saja dibalik ini semua ada hikmahnya. Eh dan ternyata Bapak Suwardi ini heman dan komunikatif kok.
Anggota kelompokku sekarang adalah :
1. Saepurahman (05.03.1363)
2. Arif Nurohman (06.03.1491)
3. Asep Insan Kamil (06.03.1942)
4. Dadan Ramdani (06.03.1993)
5. Dedeh Kurniasih (06.03.1994)
6. N. Komariah (06.03.2007)
7. Nani Mulyani (06.03.2010)
Setelah selesai pembekalan, aku langsung serbu bahan-bahan buat PPL nanti, termasuk buku-buku pegangan SKI dan penunjangnya. Eh malah udah di tangan sahabatku sendiri. Yang lucunya Neng Ita P. dan Neng Hena Z.F. gak ngasih ke aku. Aku malah jadi penasaran, aku rebut buku itu, eh malah tambah erat megangnya. Di sini aku merasa ada sebuah momen dengan sahabat-sahabatku. Bahkan aku sempat melirik ke Pak H. Soleh Ma’ruf (salah satu pengurus IAID kelas Pangandaran juga), beliau sempat tersenyum-senyum. Akhirnya buku itu dipotocopy oleh aku dan sahabatku (Ita P.).
Sahabatku yang lain, Teh Eli Yulianti, karena mo pulang duluan ke Tunggilis dengan alasan mo cepat-cepat ke Banjar, sempet aku mengantarnya pulang. Di jalan aku sempat pula berbincang tentang “Betapa Pentingnya Arti Sebuah Persahabatan”.
Yang menjadi pikir dan ganjalan hati sampai menulis catatan harianku ini, yang tentunya demi temanku sendiri, Teh Dedeh Kurniasih pada waktu pembekalan tidak hadir karena sesuatu hal. Setelah didatangi ke rumahnya eh dia malah mau keluar dari kuliahnya, dengan alasan memang terhitung berat juga. Aku merasa kasihan ke dia, aku ‘kan segera bilang ke Pak Yamin gimana solusinya. Di susul lagi Teh N. Komariah nlpon aku katanya dia tak sanggup memegang mata pelajaran SKI dan mau keluar dari kelompokku. Duh gimana ya... tapi udahlah walau apapun yang terjadi PPL ini tetap mesti aku hadapi/jalani.

Ditulis di Cimerak, 14 September 2009 (23.00 WIB)


0 komentar:

Posting Komentar

Dengan senang hati, komentarlah di sini!

 
© Copyright by My Diary  |  Template by Blogspot tutorial